Kamis, 11 Juni 2009

Tips Stel Klep (Menyetel Celah Katup)Motor Bebek (type Supra 125)



Tujuan menyetel klep : Penyetelan celah katup adalah mutlak harus dilakukan terhadap sepeda motor. Dimaksudkan untuk mempertahankan celah (clearance) antara ujung batang katup dengan ujung baut penyetel katup agar tetap sesuai standar. Tujuannya untuk diperoleh unjuk kerja mesin yang optimal.
Persiapan Alat yang digunakan:
1. Obeng (+) besar dan (+) sedang
2. Obeng (-) Besar
3. Kunci ´T´ (sok 17mm)
4. Kunci ring 8­9 mm
5. Kunci tapet klep (´L´ klep)
6 filler (bilah ukur)
Langkah kerja :
1. Lepaskan sekrup cover tengah dan tebeng sayap dengan menggunakan obeng (+) sesuai ukuran sekrup.
2. Buka tutup pengetopan di blok magnet (beralur obeng (-) minus besar), yang besar dan kecil.
3. Buka tutup klep ( klep IN (atas) dan klep EX (bawah)) yang ada di kepala silinder yang berkepala kunci ring 8 mm.
4. Cari tanda *T*dengan cara memutarkan poros engkol menggunakan kunci sok T 17mm searah jarum jam sampai didapat tanda ´T´ di magnet lurus dengan tanda penyesuaian di blok magnet.
5. Pastikan kedua klep dalam posisi bebas goyang).
6. Lakukan pengukuran celah klep dengan memasukan filler diantara celah katup dan baut penyetel
7. Apabila filler masuk ke celah tersebut, dan puller didorong kearah depan tidak bisa, tapi saat ditarik bisa tanpa meninggalkan bekas goresan di filler berarti celah klep bagus (standar)
8. Apabila point 7 tidak terjadi, lakukukan langkah berikut :
» longgarkan sedikit mur penyetel klep dengan kunci ring 9 mm sambil menahan baut penyetel klep dengan kunci ’ L ’ stelan klep.
» Masukan puller ke celah klep dan stel dengan memutar stelan klep untuk mendapatkan celah klep yang sesuai dengan ketentuan apabila puller didorong tidak bisa tapi apabila ditarik puller bisa bergeser tanpa meninggalkan bekas di puller.
» Setelah didapat celah standar, tahan baut penyetel klep lalu kencangkan mur pengikat klep dengan kunci ring 9 mm.
» Cek kembali celah klepnya untuk memastikan bahwa klep telah distel dengan baik.
» Setelah didapat penyetelan yang tepat tutup kembali klep dan pastikan pengencangan bautnya benar.
» Pasang kembali cover body kebalikan urutan dari pembongkaran.
Semoga informasi ini membantu anda mengetahui cara penyetelan klep yang sesuai dengan standar kerja bengkel AHASS. Semoga bermanfaat.
Posting : mesin perkakas 08.

Rabu, 10 Juni 2009

Pelumasan Rantai Roda Sepeda Motor .


Memasuki musim hujan, kita sebagai pengguna sepeda motor wajib memberi perhatian lebih untuk salah satu bagian penting dari sepeda motor kita yaitu rantai roda, why ? karena dimusim hujan, rantai sangat rentan terkena korosi yang disebabkan oleh air hujan.
Perhatian lebih yang dibutuhkan adalah pelumasan, pelumasan untuk rantai roda disarankan memakai oli dengan kekentalan SAE atau satuan kekentalan 90, oli yang sering juga dipakai untuk gardan / diferential mobil, tetapi jika kita susah mendapatkan oli SAE 90 kita juga bisa memakai oli mesin sepeda motor SAE 20 W 50 dengan catatan, oli tersebut masih baru.
Apabila kita menggunakan oli bekas untuk pelumasan rantai roda, yang ada bukannya merawat tetapi merusak karena oli bekas mengandung kerak dan kotoran yang bisa menimbulkan keausan lebih cepat pada rantai roda. Tetapi sekarang ini kita lebih dipermudah untuk merawat rantai roda sepeda motor kita karena sekarang sudah banyak ChainLube yaitu pelumas rantai dalam botol yang banyak dijual dipasaran dan untuk memakainya kita tinggal menyemprotkannya ke rantai roda.
Selamat mencoba.

Sumber : adira-motor
Posting : mesin-perkakas08